Kamis, 19 Juni 2014

TRAILER (VIDEO 8) & SINOPSIS BUKU DEAR PRUDENCE



Judul Buku          : Dear Prudence
Penulis                  : Dannie Faizal
Penyunting           : Dila Maretihaqsari
Penerbit                : Bentang Belia
Cetakan                : Pertama, April 2014
Jumlah Halaman : 252 Halaman
Jumlah Bab          : 12 Bab
ISBN                     : 978-602-7975-79-8
 


Sinopsis 

Novel ini berkisah tentang seorang remaja bernama Irvine Suherman yang sedang mengejar mimpinya menjadi seorang motion graphic designer. Irvine, 20 tahun, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), bukan main girangnya ketika dirinya mendapat panggilan magang di NewsTV, sebuah stasiun TV berita nasional, sebagai news graphic designer. Ia merasa jalannya menjadi seorang mograph terbentang luas di pelupuk matanya.
     
      Konsentrasi Irvine mulai terganggu dengan hadirnya Lusy, seorang mahasiswi DKV dari kampus lain yang juga magang di News TV sebagai news graphic designer. Lusy lebih cerdas, dan lebih teliti dibanding Irvine. Ditambah dengan pesona kecantikkannya, tak heran jika para mentor staf news graphic lebih memperhatikan Lusy ketimbang Irvine.

      Alih-alih membuat semangat Irvine terlecut, kondisi sebagai underdog malah membuat dirinya bekerja dengan asal-asalan. Berulangkali ia berusaha usil untuk menghambat pekerjaan Lusy, namun sering juga ia kena batunya. Yang paling fatal adalah ketika Irvine salah memasang foto tersangka teroris yang bernama Nuki dengan seorang produser film yang juga bernama Nuki. Gara-gara kecerobohannya itu NewsTV dituntut 5 Milyar oleh pengacara Nuki (produser film) dengan tuduhan pencemaran nama baik.

      Bukan cuma itu, salah memasukkan data panelis, salah format video, hingga lalai mengerjakan tugas untuk event US Election adalah deretan kecerobohan Irvine yang membuat Mas Junot, supervisor news graphic, harus geleng-geleng kepala. 

Di saat yang bersamaan, Irvine juga sedang mengejar seorang cewek yang bernama Anastasia Prudence. Prue, begitu cewek cantik berlesung pipi in biasa disapa, telah membuat Irvine tergila-gila hingga hampir dua tahun lamanya. Namun selama itu pula Irvine belum juga berhasil menaklukkan hatinya. Padahal, berbagai jurus telah ia kerahkan. Para sahabatnya, Ferry dan Idrus, heran kenapa Irvine bisa sedemikian bodohnya hanya untuk menunggu seorang cewek. Tetapi ketika keduanya bertemu Prue –yang periang dan memiliki mata kecoklatan yang di dalamnya mengandung simpul semesta dan kepingan kehidupan, barulah mereka tahu mengapa Irvine bisa sedemikian bodohnya.

Akibat dari seringnya membuat keteledoran, Irvine pun harus kembali ke kampus hanya dengan membawa nilai C- di atas kertas penilaian magangnya. Sementara Lusy, saingannya, tak cuma mendapat nilai A, tapi juga berhasil mendapatkan kesempatan rekruitmen sebagai staf news graphic atas prestasinya selama magang. Lepas dari NewsTV, Irvine berhasil menyelesaikan Tugas Akhirnya dan menjadi sarjana. Ia pun kemudian berusaha menjemput mimpinya menjadi seorang mograph. Berpuluh surat lamaran pun ia kirim ke banyak stasiun TV dan PH.

Delapan bulan lebih ia menunggu, namun panggilan yang dinanti-nantikannya tak juga datang. Terjepit dengan kebutuhan hidup, akhirnya Irvine mengambil pekerjaan seadanya, yaitu sebagai layouter di sebuah majalah politik. Berulangkali ia protes kepada Tuhan. Ia merasa bahwa Tuhan, yang dengan kekuasaannya yang tegak kokoh, seolah enggan membukakan jalan untuknya sebagai mograph. Namun semakin banyak ia berkeluh kesah, semakin lelah pula hatinya. Ia pun akhirnya memilih berdamai dengan nasibnya.

Di saat dirinya mulai menjalani hidup dengan ikhlas, perubahan pun mulai datang. Irvine, yang juga punya hobi menulis blog, tiba-tiba saja mendapat telepon dari seorang editor yang tertarik menerbitkan tulisan Irvine di blog menjadi sebuah buku. Dua bulan kemudian buku yang isinya tentang cerita seorang cewek bernama Anastasia Prudence itu pun terbit. Di luar dugaan, penjualan buku itu meledak. Berpuluh kali buku itu dicetak ulang hingga akhirnya sukses diangkat ke layar lebar.

Pesan moral & kelebihan cerita  

Manusia, terutama para remaja, kerap menggerutu, protes, dan bahkan putus asa ketika cita-cita terasa sulit untuk diraih. Menyalahkan nasib dan Tuhan pun kerap mereka lakukan ketimbang mengintrospeksi diri dan melihat kesulitan dari sudut pandang yang positif. 

            Novel ini mencoba mengajak para pembaca remaja untuk selalu melihat kesulitan dari sudut pandang berbeda. Untuk melihat bahwa hidup kadang membawa kita pada tikungan arus yang berbeda. Untuk kasus Irvine, ia ingin mempunyai karya besar yang bisa dikenal dan dikenang seperti The Beatles. Arus hidup pada akhirnya memang tidak membawa Irvine menjadi seorang mograph besar sesuai cita-citanya, namun kemudian Irvine sadar bahwa arus tikungan itu ternyata berakhir pada muara yang sama. Pada muara itu Irvine sadar bahwa dirinya sudah berada di jalur yang tepat untuk bisa punya karya besar yang bisa dikenal dan dikenang seperti The Beatles sebagai seorang penulis.

            Dalam hal percintaan, Irvine juga sadar bahwa arus juga telah membawanya ke tikungan lain. Bukan Prue, cewek yang sudah ia idam-idamkan selama dua tahun, yang akhirnya bersama dengannya, melainkan Lusy, cewek yang awalnya sering berselisih dengannya di tempat magang.

            Novel ini adalah kombinasi pengalaman penulis di dunia broadcast dengan fiksi. Penyajian kalimat yang ringan, penggunaan point of view orang pertama dan sisipan kalimat filosofis dengan pendekatan komedi adalah kelebihan novel ini dibanding novel lain.
AYO BURUAN CURI DI TOKO BUKU TERDEKAT SEKARANG!

2 komentar:

afif merdeka jaya mengatakan...

gan. sumpah ane baru nemu penulis aneh seperti ente. pertama kali baca Man Jali The Novel. ane lansung ngefans. sumpah gan, tulisan agan ini ringan, dan enak di bacanya.
terusin gan bikin novel-novel yang unik

Anggun pujawati mengatakan...

gue udah boca novelnya bang....
gillaa... seru pokonya (y)
ga mugdah di tebak, kirain si irvine jadian ma prue, eh nyatanya malah ama lusi.
unik bahasa ama gambarnya. pokonya the best deh (y)
nunggu novel yg lainnya deh :)

Posting Komentar

 

Publisher

banner bukune.com

Nina's Best Friend

banner komikoo.com