Kamis, 23 Juni 2016

Perfect Ten Blog Tour




Ada sebuah cerita dari seorang teman tentang seorang bos yang selalu berpegang teguh pada prinsip hasil akhir, yang menyesal telah mempekerjakan seorang karyawan. “Saya kecewa.” Keluhnya pada karyawan itu. “Kamu tidak bisa diandalkan. Kalau kamu tetap seperti ini, kamu tidak bakal jadi orang yang sukses.”
            Ucapan si bos memang terdengar menyakitkan, tapi sebenarnya si bos ingin mengingatkan si karyawan satu hal: kesuksesan dan kegagalan hanya dihubungkan oleh sehelai benang tipis. Dan ketika kita meniti di atas benang tipis itu pilihannya hanya dua, sampai di tujuan atau jatuh. Fokus, keseimbangan, dan konsistensi mutlak diperlukan untuk bisa melintasi benang itu.
Pendapat si bos benar, tapi si karyawan tak sepenuhnya setuju. Ia punya argumentasi sendiri. Kesuksesan dan hasil akhir memang penting, tetapi terlalu berfokus pada kedua hal itu justru membuat kita menepis sesuatu yang lain: menikmati sebuah proses. Akibatnya, sebuah proses pembelajaran hanya dipandang sebagai perjalanan di atas seutas benang tipis, sempit dan menakutkan.
“Kadang-kadang bepergian sedikit lebih baik ketimbang tiba.” Sometimes it’s a little better to travel than to arrive. Si karyawan teringat kalimat Robert M. Pirsig dalam bukunya Zen and the Art of Motorcycle Maintenance.
Dari sinilah kegelisahan gue dimulai. Dan seperti umumnya para penulis, gue pun mulai menulis dan bercerita dari kegelisahan diri.
Gue kemudian mengamati, mencuri dengar pembicaraan orang, dan mengambil potongan-potongan curhatan para sahabat untuk gue jadikan bahan penulisan naskah Perfect Ten. Bahan-bahan yang gue kumpulkan tersebut kemudian gue tarik benang merahnya.‘Kesempurnaan’ adalah benang merah yang gue dapat. Para orang-orang yang gue temui ini pada umumnya menginginkan segala hal berjalan dengan baik seusai dengan rencana mereka. Dengan kata lain, mereka menginginkan segalanya sempurna.
Tapi mengejar kesempurnaan tentu saja tidak semudah mengedipkan kelopak mata. Ada proses panjang di baliknya, ada malam-malam tanpa tidur, dan ada hari-hari di mana kita diremehkan  oleh orang lain.
Proses mengejar kesempurnaan inilah yang kemudian kami (gue dan bukune) jadikan tema dalam Perfect Ten Blog Tour kali ini. ‘Mengejar Kesempurnaan’ kami kerucutkan menjadi 3 tema yang akan dibahas dan diceritakan oleh para host. Ketiga tema tersebut adalah:
1.      Definisi kesempurnaan.
2.      Cita-cita yang ingin dikejar dan pengalaman.
3.      Kegagalan dan cara menyingkapinya.

Perfect Ten Blog Tour akan diadakan tanggal 24 Juni s/d 4 Juli 2016, semuanya diadakan pukul 09:00 – 12:00. Berikut adalah jadwal dan para host yang akan berpartisipasi dalam Perfect Ten Blog Tour adalah:

Dari pada bengong, mendingan libur puasa menjelang Lebaran kamu isi dengan menyimak cerita-cerita gokil dari para host dalm Perfect Ten Blog Tour. Terima kasih, semoga kalian dan kita semua dapat meraih ‘kesempurnaan’ yang konon kata orang tua hanya hidup dalam angan manusia.


1 komentar:

Ray Indra Taufik Wijaya mengatakan...

Sayang sekali, blog-nya udah lama ga update lagi.

Posting Komentar

 

Publisher

banner bukune.com

Nina's Best Friend

banner komikoo.com